KONSEP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)
DEFINISI SIA
Sebuah sistem informasi yang merubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya.
TUJUAN SIA
– Mendukung operasi-operasi sehari-hari
– Mendukung pengambilan keputusan manajemen
– Memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggungjawaban
KOMPONEN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
– Orang-orang yang mengoperasikan sistem tersebut
– Prosedur-prosedur, baik manual maupun terototomatisasi yang dilibatkan dalam mengumpulkan, memproses dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi
– Data tentang proses-proses bisnis
– Software yang dipakai untuk memproses data organisasi
– Infrastruktur teknologi informasi
FUNGSI SIA DALAM ORGANISASI
– Mengumpulkan dan menyimpan aktivitas yang dilaksanakan disuatu organisasi, sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut dan para pelaku dalam aktivitas tersebut
– Mangubah data dalam menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen
– Menyediakan pengendalian yang memadai
AKTIVITAS DALAM RANTAI NILAI ORGANISASI
– Inbound Logistics : penerimaan, penyimpanan dan distribusi bahan-bahan masukan
– Operasi : aktivitas untuk mengubah masukan menjadi barang dan jasa
– Outbound Logistics : distribusi produk ke pelanggan
– Pemasaran dan Penjualan
– Pelayanan : Dukungan purna jual dan maintenance
AKTIVITAS PENDUKUNG ORGANISASI
– Infrastruktur Perusahaan : akuntansi, hukum, administrasi umum
– Sumber Daya Manusia : perekrutan, pengontrolan, pelatihan dan kompensasi kepada pegawai
– Teknologi : Peningkatan produk dan jasa (penelitian)
– Pembelian
RANTAI SUPLAY
– Bahan Mentah Pemasok
– Pabrik
– Distributor
– Pengecer
– Konsumen
DATA
1. Data mengarah pada fakta-fakta yang kita kumpulkan, simpan dan proses dengan sistem informasi
2. Misal untuk penjualan, data yang perlu dikumpulkan adalah:
– Fakta mengenai kejadian-kejadian (tanggal penjualan, jumlah, dll)
– Sumber data (identitas barang dan jasa, harga per unit, dll)
– Para pelaku (identitas pelanggan dan penjual produk)
INFORMASI
1. Data yang telah diatur dan diproses untuk memberikan arti
2. Karakteristik informasi yang berguna:
– Relevan
– Andal
– Lengkap
– Tepat waktu
– Dapat dipahami
– Dapat diverifikasi
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1. Langkah Pengambilan Keputusan:
– Identifikasi Masalah
– Pemilihan metode pemecahan masalah
– Mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk melaksanakan model keputusan tersebut
– Mengimplementasikan model tersebut
– Mengevaluasi sisi positif dari tiap alternatif yang ada
– Melaksanakan solusi terpilih