KONSEP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)

 

 

 

 

KONSEP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)

 

DEFINISI SIA

Sebuah sistem informasi yang merubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya.

TUJUAN SIA

– Mendukung operasi-operasi sehari-hari
– Mendukung pengambilan keputusan manajemen
– Memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggungjawaban
 
KOMPONEN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

– Orang-orang yang mengoperasikan sistem tersebut
– Prosedur-prosedur, baik manual maupun terototomatisasi yang dilibatkan dalam mengumpulkan, memproses dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi
– Data tentang proses-proses bisnis
– Software yang dipakai untuk memproses data organisasi
– Infrastruktur teknologi informasi
 
FUNGSI SIA DALAM ORGANISASI
– Mengumpulkan dan menyimpan aktivitas yang dilaksanakan disuatu organisasi, sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut dan para pelaku dalam aktivitas tersebut
– Mangubah data dalam menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen
– Menyediakan pengendalian yang memadai
 
AKTIVITAS DALAM RANTAI NILAI ORGANISASI
– Inbound Logistics : penerimaan, penyimpanan dan distribusi bahan-bahan masukan
– Operasi : aktivitas untuk mengubah masukan menjadi barang dan jasa
– Outbound Logistics : distribusi produk ke pelanggan
– Pemasaran dan Penjualan
– Pelayanan : Dukungan purna jual dan maintenance
 
AKTIVITAS PENDUKUNG ORGANISASI
– Infrastruktur Perusahaan : akuntansi, hukum, administrasi umum
– Sumber Daya Manusia : perekrutan, pengontrolan, pelatihan dan kompensasi kepada pegawai
– Teknologi : Peningkatan produk dan jasa (penelitian)
– Pembelian
 
RANTAI SUPLAY
– Bahan Mentah Pemasok
– Pabrik
– Distributor
– Pengecer
– Konsumen
 
DATA
1. Data mengarah pada fakta-fakta yang kita kumpulkan, simpan dan proses dengan sistem informasi
2. Misal untuk penjualan, data yang perlu dikumpulkan adalah:
    – Fakta mengenai kejadian-kejadian (tanggal penjualan, jumlah, dll)
    – Sumber data (identitas barang dan jasa, harga per unit, dll)
    – Para pelaku (identitas pelanggan dan penjual produk)   
 
INFORMASI
1. Data yang telah diatur dan diproses untuk memberikan arti
2. Karakteristik informasi yang berguna:
   – Relevan
   – Andal
   – Lengkap
   – Tepat waktu
   – Dapat dipahami
   – Dapat diverifikasi
 
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1. Langkah Pengambilan Keputusan:
    – Identifikasi Masalah
    – Pemilihan metode pemecahan masalah
    – Mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk melaksanakan model keputusan tersebut
    – Mengimplementasikan model tersebut
    – Mengevaluasi sisi positif dari tiap alternatif yang ada
    – Melaksanakan solusi terpilih

 

 

 

Leave a comment